Minggu, 24 Juni 2012

Khasiat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Kenapa tiba-tiba saya ingin mengulas khasiat air kelapa bagi kesehatan? Apa hubungannya air kelapa dengan diet, topik utama blog ini? :-)

Ceritanya begini. Tempo hari saya membeli air kelapa di pasar sebagai salah satu bahan membuat kue. Ternyata, air kelapa yang saya beli kebanyakan, sehingga tersisa banyak sekali. Saya lantas berpikir keras memutar otak (lebay, hehehe) bagaimana memanfaatkan air kelapa ini supaya tidak mubazir.

Dan, jreng! Ide cemerlang pun datang! Kenapa tidak menjadikannya sebagai campuran untuk membuat Shake? Biasanya, kalau bikin Shake untuk sarapan, saya mencampurnya dengan sari kedelai atau saya blender dengan pisang. Ini membuat Shake jadi lebih mengenyangkan dan lebih bergizi. Namun kadang-kadang saya menginginkan variasi yang lain, supaya tidak bosan. 

Jadi deh, pagi itu dengan penuh semangat saya bikin Shake dengan air kelapa. 250 ml air kelapa dingin saya kocok bersama 2 sendok makan bubuk Strawberry Shake. Dan setelah saya cicipi, wow, luarr biasa, ternyata rasanya nikmat dan segar sekali! Shake terasa lebih gurih dan tentu saja lebih manis secara alami. 

Setelah itu dengan penasaran saya browsing di Internet tentang khasiat air kelapa bagi kesehatan. Wah, ternyata air kelapa juga bisa untuk diet lho! :-) Karena minuman ini ternyata rendah kalori dan mengandung zat-zat yang dapat membuat tubuh berstamina.

Berikut 10 khasiat air kelapa bagi kesehatan yang saya kutip dari okezone.com:

1. Air kelapa merupakan minuman elektrolit yang mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

2. Air kelapa bergizi dan sehat bagi tubuh karena rendah lemak dan kalori, sehingga mencegah Anda dari kelebihan berat badan.

3. Segelas air kelapa dalam proses pencernaan akan mengatasi peradangan dan keasaman. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan saluran pencernaan.

4. Air kelapa tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan efek pendinginan untuk tubuh Anda dan saluran pencernaan. Sistem kerja pada lambung dapat menyebabkan peradangan dan ini dapat disembuhkan dengan air kelapa. Ini juga mengontrol suhu tubuh.

5. Air kelapa juga dikenal sebagai minuman isotonik karena merehidrasi tubuh. Jadi, teguklah dua hingga tiga gelas air kelapa saat tubuh Anda dehidrasi.

6. Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari air kelapa adalah rendah gula sehingga membuatnya menjadi minuman bergizi bagi pasien jantung dan diabetes. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan. Banyak pelaku diet lebih suka minum lima-enam gelas air kelapa untuk menurunkan berat badan.

7. Air kelapa adalah minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Manfaat air kelapa pada sistem pencernaan antara lain membersihkan racun dari tubuh.

8. Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra.

9. Air kelapa juga menanggulangi masalah kerontokan pada rambut karena air kelapa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

10. Air kelapa pun dapat membersihkan kulit yang berjerawat dan membantu menjadikan kulit lebih mulus. 

Nah, demikian beberapa khasiat air kelapa bagi kesehatan. Adakah yang mau menambahkan? Silahkan komen di bawah :-)

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar