Minggu, 02 Desember 2012

Obesitas pada Kehamilan; Hati-hati Diabetes!

Apakah saat ini Anda sedang hamil dan berat badan Anda meningkat dengan drastis? Hati-hati, karena mungkin saja Anda terkena penyakit diabetes pada kehamilan atau gestational diabetes.

Peningkatan berat badan yang drastis terutama pada trimester pertama kehamilan akan meningkatkan pula resiko terjadinya diabetes pada kehamilan antara 50 sampai 60%. Memang normal bila seorang ibu hamil mengalami penambahan berat badan seiring dengan bertambahnya umur kehamilan. Masalah timbul jika penambahan berat badan terjadi secara berlebihan dari minggu ke minggu.

Memang ada yang mengatakan bahwa perempuan yang menderita diabetes pada kehamilan akan kembali sehat setelah melahirkan. Namun studi terbaru di Amerika menyebutkan bahwa perempuan ini juga rentan terkena diabetes tipe 2 akibat perubahan pola resistensi hormon insulin yang ada dalam tubuhnya. Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang menderita diabetes pada kehamilan akan beresiko menjadi gemuk dan menderita diabetes pada usia muda.

Bagaimana cara mencegah terjadinya penyakit diabetes pada kehamilan? Mencegah terjadinya diabetes pada kehamilan sebenarnya suatu upaya agar pertambahan berat badan saat hamil berlangsung secara normal. Berikut beberapa tips agar pertambahan berat badan pada ibu hamil tidak mengarah ke penyakit diabetes pada kehamilan :
  • Makanlah makanan yang sehat secara teratur dan porsi cukup selama kehamilan.
  • Jangan lupa mengkonsumsi makanan ringan atau kudapan diantara waktu makan.
  • Kurangi atau hindari mengkonsumsi makanan yang manis manis atau mengandung pemanis. 
  • Kurangi konsumsi makanan berlemak. Berolahragalah sekurang kurangnya 30 menit secara teratur tiap hari. 
  • Sebelum memutuskan berolah raga, konsultasikanlah ke dokter kandungan Anda, kira kira olahraga apa yang cocok untuk kehamilan Anda. 
(Sumber: www.blogdokter.net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar