Minggu, 28 April 2013

Makan Buah Juga Bisa Bikin Gemuk, lho!

Kita semua setuju kalau buah itu mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari antioksidan, vitamin, hingga serat. Itu sebabnya para ahli menyarankan kita untuk memiliki kebiasaan makan buah sebagai penunjang gaya hidup sehat.

Namun, bukan berarti semua buah itu bisa dimakan, ya, terutama bila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Ada beberapa buah-buahan yang justru sering tidak dianjurkan oleh para ahli. Sebut saja seperti buah pepaya, semangka yang tinggi gula. Atau, buah pisang yang memiliki indeks glikemik yang tinggi.

"Bahan pangan yang memiliki indeks glikemik tinggi biasanya akan dicerna dan diserap dengan sangat cepat oleh tubuh, sehingga dapat membuat kadar gula dalam darah melonjak tajam," jelas Michelle Dudash, seorang ahli diet serta konsultan chef.

Selain pilihan buah, Anda juga perlu mencermati cara pengolahannya. Berikut ini adalah tiga cara pengolahan yang justru dapat menggagalkan program hidup sehat atau penurunan berat badan yang sedang dijalani:

1. Dibuat menjadi jus

Selama ini, Anda mungkin memilih jus karena alasan praktis, namun ternyata pilihan ini justru kurang baik. Sebagai perbandingan, satu buah jeruk ukuran sedang mengandung 62 kalori dan 3,1 gram serat. Sementara satu gelas jus jeruk berukuran sekitar 220 ml memuat 108 kalori dan tidak mengandung serat sama sekali. Karenanya, lebih baik biasakan diri untuk makan buah-buahan dalam bentuk utuh.

2. Makan buah kering

Buah-buahan yang telah melalui proses pengeringan, seperti kismis atau aprikot kering, memiliki kandungan serat yang tinggi. Namun, cara pengolahannya telah membuat kadar air dalam buah ini sangat sedikit. Akibatnya, jumlah kalori dalam buah ini menjadi lebih besar. Sekitar seperempat cangkir buah-buahan kering itu bisa memiliki 100 kalori, sementara rasanya yang enak sering membuat orang bisa makan dalam jumlah banyak. Biasakan untuk makan secukupnya, atau campurkan dengan salad. Dengan begitu, Anda tidak akan makan secara berlebihan.

3. Diolah menjadi kue atau roti

Kue stroberi atau roti pisang pasti lebih enak ketimbang memakan buahnya langsung. Banyak orang menganggap makanan seperti ini sehat karena mengandung buah. Tapi sebenarnya, jumlah buah yang dipakai untuk membuat kue atau roti ini justru jauh lebih sedikit daripada porsi buah yang harus diasup setiap hari. Selain itu, kue atau roti juga terbuat dari bahan-bahan lain seperti mentega atau margarin, gula, dan terigu. Tidak masalah jika Anda memakannya sesekali, tapi tetap lebih baik bila Anda makan buah segar.

Sumber: FitSugar

17 komentar:

  1. Harus lebih berhati-hati kalo kaya gini,
    sangat bermanfaat" infonya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Paling enak sih dibuat jus ya, seger gitu minumnya. Apalagi musim panas gini.

    BalasHapus
  4. Bisa di coba nih buat nambah berat badan masbidin
    hehe

    BalasHapus
  5. Baru tahu nih om. Pas bener, aku mau gemukin badan. Badan kurus, tiap malem bergadang mulu, kayak kelambit.

    BalasHapus
  6. Bikin JUS sambil santai mengerjakan Resensi Cerpen Itu mengasikkan :)

    BalasHapus
  7. wah kayaknya lebih menarik kalau dibuat kue pastiguna

    BalasHapus
  8. tapi buah termasuk kebutuhan manusia, gak masalah asal tidak terlalu banyak.

    wallhous

    BalasHapus
  9. salah satu contoh yang buat gemuk memang buah juga termasuk. apalagi kalau di jus.

    BalasHapus
  10. tapi buah termasuk kebutuhan manusia, gak masalah asal tidak terlalu banyak.
    Coba Cek Blog Ini

    BalasHapus